Skip to main content

Makanan yang Cocok Untuk Sahur

Waaah ngga kerasa nih habis ini udah mau puasaan aja, gimana nih udah pada siap buat puasa sebulan penuh kan ? Gimana nih persiapannya, udah pada mikirin ntar mau sahur pake apa ? biasanya sih kebanyakan lebih tertarik sama menu berbuka yang macem - macem ketika puasa, siapa sih yang ngga suka es teler, es buah sama kolak seger banget kan kalau dipake buka puasa hehehe. 

Nah padahal sahur itu enggak kalah penting lo guys, itu adalah tahap dimana kalian mengumpulkan energi yang akan digunakan untuk aktivitas sehari - hari. Tapi kebanyakan orang bahkan ada yang ngga sahur ketika menjalankan puasa, jangan loh ya sayangi diri kamu, kalau bukan kamu siapa lagi yang bakal sayang wkwkwk oke udah deh bapernya. Sekarang yuk kita lihat makanan apa aja yang cocok buat sahur yang bisa mengenyangkan dalam waktu yang lama nih guys cekidot :

1.     Sup

Sup mengandung banyak air sehingga sup bisa membuat perut kita kenyang lebih lama. Pilihlah semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara cairan dan zat padat dari sup kaldu hangat bisa mengurangi nafsu makan kita, selain itu sup yang kaya serat dari sayuran dan kaldu memakan banyak ruang di perut kita dengan sedikit asupan kalori.
2.     Oat Meal

Oatmeal banyak mengandung protein, fiber dan gula sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lama. Menurut Journal of the American College of  Nutrition, peserta yang diberikan sereal siap saji dengan 250 kalori atau oatmeal dengan 113 kalori dari susu. Pemakan oatmeal menjadi kenyang lebih lama dan mereka juga mengalami penurunan rasa lapar lebih besar. Hal tersebut karena oatmeal tinggi serat dan protein dan juga memiliki konsentrasi lebih tinggi dari beta-glukan / gula yang membuat oatmeal baik untuk jantung, hidrasi dan berat molekular jadi kita bisa kenyang lebih lama dari pada memakan sereal siap saji. Bingung ya dengan takaran kalori, setengah cangkir oatmeal berukuran 3 gram udah cukup kok guys untuk sahur 😊 .
3.     Telur

Telur mengandung banyak protein, menurut riset mereka yang mengkonsumsi banyak protein akan lebih lama kenyang sehingga dapat mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari mereka yang tidak. Tapi inget ya guys kalau bisa jangan makan telurnya aja jadikan lauk ditemani sepiring nasi atau secangkir susu, ya namanya juga orang Indonesia kan belum kenyang kalau belum makan nasi 😉
4.     Alpukat

Ininih cocok buat kalian yang mager nyari sahur atau keluar kamar , cocok banget nih sama anak kos yang bangun sahurnya mepet – mepet sama imsak hehehe. Buat yang niat kalian bisa blender satu atau dua buah alpukat dicampur sama susu wuaah enak banget tuh airnya jangan banyak – banyak juga biar punya tekstur kayak bubur. Nah buat yang mager bisa dikupas dipotong – potong kasih gula udah enak dan dijamin kenyangnya lama. Alpukat nggak cuma punya dosis tinggi dari lemak tak jenuh tunggal loh guys, tapi juga diperkaya seporsi besar serat yang baik buat tubuh kita.
5.     Gandum

Biasanya dalam bentuk roti sih ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan merupakan sumber fiber yang bagus. Fiber bisa melancarkan metabolisme tubuh, mengurangi kolesterol dan menjaga berat badan kita. Jadi kita tetap bisa makan lumayan banyak tapi tetap sehat, kenapa lumayan banyak karena sebelum melalui tahap itu kalian pasti udah kenyang soalnya roti atau sereal gandum ini sangat mengenyangkan.
6.     Apel

Apel punya kandungan serat dan kadar air yang tinggi jadi bisa bikin perut kita kenyang guys, selain itu di dalam apel ada zat pectin yang bisa mencegah lonjakan gula darah yang merupakan salah satu faktor pendorong rasa lapar. Jangan lupa minum segelas susu juga supaya lebih afdol sahurnya ya guys.

Nah selain makanan – makanan mengenyangkan diatas yang cucok banget buat dipake sahur jangan lupa minum air putih yang banyak ya guys selamat mempersiapkan diri untuk bulan puasa ^_^.


Comments

Popular posts from this blog

Random part I

Elena menangis dalam diam, matanya memandangi Tito yang tengah berbincang dengan temannya. Entah mengapa tawa Tito saat itu terasa sangat perih baginya. Elena pun tertunduk dan beranjak pergi, Tito memandang Elena yang pergi meninggalkannya dalam hati ia berkata "sampai kapan kita akan seperti ini". Elena yang kini telah sampai di parkiran segera menghidupkan motornya dan beranjak pergi. Elena sesekali menoleh ke spion motornya berharap Tito muncul meski hanya sebentar, hingga tanpa terasa air mata mulai menetes di pipinya. Sementara itu Tito pergi ke cafe dekat kampus mereka, cuaca hari itu hujan sehingga ia harus berlari kecil untuk menuju cafe itu. Dia menuju meja kasir dan memesan cappucino, kemudian duduk di dekat jendela sambil memandangi rintik hujan yang turun. Tak berapa lama ia mengeluarkan gantungan kunci berbentuk botol yang di dalamnya terdapat kapal dengan ukiran inisial E. Kemudian ia menghela napas sambil meneguk cappucinonya. Disisi lain Elena telah sampai

Small world , Silent world

Ada banyak tipe orang di dunia ini , ada tipe orang yang terbuka , tertutup dan moody dll . Well... saat ini aku bakalan bahas tipe orang tertutup yang suka berada dalam dunianya sendiri. artikel ini cocok buat kalian yang ingin lebih mengerti tentang teman / gebetan kalian yang terkesan tertutup. Berikut ada beberapa hal yang di senangi oleh orang yang berwatak tertutup : *Bicara seperlunya Mereka adalah tipe pendengar yang baik , karena kebanyakan hanya akan diam dan menyimak , dan jika teman mereka tertawa terbahak - bahak mereka hanya akan tersenyum manis #bukannya malas atau menganggap remeh , mereka hanya tidak tau apa yang harus mereka lakukan atau katakan, mereka terlalu takut untuk itu. Sebaiknya jika kalian sedang berkumpul cobalah membuat lelucon bersamanya dan bertanya sedikit tentangnya. Namun jangan terlalu banyak sedikit demi sedikit saja dan jangan menyangkut hal - hal yang terlalu pribadi. *Menghindari kontak mata Beberapa orang yang tertutup biasanya akan menundu

Orang melow itu gimana sih ?

Orang melow? Sedih? Perasaan yang biasa dirasakan semua orang. Kesedihan itu memang selalu datang. Untuk tipe orang yang serius mereka akan sedih ketika tidak dapat menyelesaikan sesuatu. Untuk orang yang cenderung melow , bahkan hal sekecil apapun dapat membuatnya sedih. Dan terkadang mereka bisa sedih tanpa ada alasan apapun. Jika mereka melihat melow drama  beberapa menempatkan diri mereka dalam drama tersebut dan terlarut didalamnya sehingga merasa sedih bahkan ketika drama itu sudah selesai. Beberapa orang melow cenderung suka menghayal, terkadang mereka menghayal "andai saja itu tidak terjadi, andai saja aku begitu" . Kebanyakan dari orang melow cenderung mengeluh dan mengandai - andai . Akan tetapi orang melow adalah orang yang sensitif, tepat jika ingin mencurahkan hati kepada orang melow karena dia akan mendengarkanmu dengan ikhlas dan menenangkanmu. Karena tipe orang melow adalah tipe orang yang akan menempatkan posisinya dalam posisimu. Jadi jangan pernah ngeremeh